Wednesday, 15 July 2009 20:09 PDF Print E-mail
Analis: Ucapan selamat Obama hanya politisasi politik Indonesia
Warta – Internasional
WAHYU HIDAYAT
WASPADA ONLINE

MEDAN – Tudingan terhadap ucapan selamat Obama kepada SBY hanya politisasi politik Indonesia. Namun, ucapan selamat tersebut juga tidak etis karena disampaikan sebelum pengumuman resmi KPU. Demikian disampaikan analis hubungan internasional, Surwandono kepada Waspada Online, sore tadi.

Menurut beliau, ucapan tersebut tersampaikan dikarenakan pemerintahan Indonesia dan Amerika Serikat saling mendukung. Namun itu hanya manuver politikus Indonesia yang mencoba mempolitisir ucapan selamat Obama tersebut.

“Wajar saja kecurigaan timbul dikalangan politikus Indonesia dengan adanya dukungan ataupun semacam ucapan selamat dari Obama,” terang Surwandono.

Surwandono menuturkan, memang terlalu dini ucapan selamat kepada SBY, namun selama sebelum adanya hasil perhitungan suara ataupun saat kampanye berlangsung, Obama tidak banyak omong seolah kondusif melihat roda perputaran politik Indonesia .

Namun, tambah Surwandono, walaupun posisi Obama pada saat itu kapasitasnya sebagai kepala negara. Pernyataan ataupun ucapan selamat tersebut dinilai tidak sepenuhnya benar, dan juga tidak sepenuhnya salah.

Interaksi antara negara menjadi semakin dekat dengan adanya pernyataan selamat dari Obama, “sebenarnya itu kan basa basi politik saja,” tuturnya.

“Kalkulasi Obama tersebut, tidak akan mengganggu posisi SBY,” tandasnya.
(dat05/wol-mdn)