Thursday, 10 December 2009 05:22
Pengiriman pasukan tambahan karena Taliban kuasai Afghanistan
Warta Internasional
KIKI SAFITRI
WASPADA ONLINE

MEDAN – Pengiriman sekitar 30.000 pasukan tambahan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) dan diikuti oleh Korea Selatan yang juga mengirim sekitar 300 pasukannya, dilakukan karena Afghanistan masih dalam kondisi yang tidak stabil.

Selain itu, penguasaan Taliban yang juga semakin menguat, mengakibatkan masyarat pesimis, sehingga berdampak pada kestabilan Afghanistan yang semakin lemah.

Demikian dikatakan analis Timur Tengah, dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Surwandono, kepada Waspada Online, tadi malam.
Ia mengatakan, alasan lain yang membuat Obama mengirimkan pasukan tambahannya ke Afghanistan dikarenakan untuk mengantisipasi terjadinya rezim seperti di Irak.

Namun, lanjutnya, hal tersebut bertentangan dengan pidato Obama saat kampanye pemilihan presiden lalu, yang berjanji akan menjalin hubungan dengan negara-negara Islam.

Oleh karena itu, katanya, dengan dikirimnya sekitar 30.000 pasukan tambahan ke Afghanistan, hal tersebut  tidak menjamin bahwa Obama akan benar-benar menjalin hubungan dengan dunia Islam.
(dat07/wol-mdn)