Parpol Islam Diminta Saling Menghormati
22/10/2008 10:37:59YOGYA (KR) – Partai-partai politik berorientasi Islam diharapkan jangan sampai membuat kebijakan yang bertentangan dengan agama Islam. Para pimpinannya  juga diharapkan membangun silaturahmi yang efektif sehingga permasalahan yang dihadapi umat Islam dapat ikut dicarikan solusi pemecahannya.

Harapan tersebut mengemuka saat berlangsung dengar pendapat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Yogyakarta dengan pengurus partai-partai berorientasi Islam di Gedung DPRD Kota Yogyakarta, Minggu (19/10). Bertindak sebagai narasumber, pakar masalah dunia Islam  Surwandono dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
Menurut  Surwandono, dalam melaksanakan pesta demokrasi para pimpinan partai politik berorientasi Islam hendaknya saling menghormati dan menghargai. Berusaha memperkecil perbedaan, menjaga hubungan yang harmonis serta memperkokoh ukhuwah Islamiyah. Sekaligus saling menahan diri untuk tidak sampai memperkeruh suasana.
Sedang dalam pengarahannya, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arif Nur Hartanto SIP mengingatkan permasalahan kehidupan yang dihadapi masyarakat bangsa Indonesia semakin kompleks sehingga semakin kompleks pula kebijakan yang harus diambil. Untuk itu antarpengurus partai berorientasi Islam diharapkan membangun wahana silaturahmi dalam kerangka untuk ikut memecahkan permasalahan masyarakat bangsa.
Sekretaris MUI Kota Yogyakarta Drs Rifai Abubakar MA mengemukakan, dengar pendapat diikuti 40 peserta yang terdiri dari pengurus MUI, pimpinan ormas-ormas Islam, pimpinan dan anggota partai berorientasi Islam, serta para tokoh masyarakat Islam.  (No)-f