Monday, 17 May 2010 19:24 PDF Print E-mail
Analis: Kerusuhan Thailand di dompleng pihak ketiga
Warta Internasional
ROZA AMALIAWASPADA ONLINE
(mediaindonesia.com)

MEDAN – Ketidakstabilan kondisi Thailand yang terjadi akhir-akhir ini, ditengarai ada pihak atau kelompok ketiga yang sengaja membuat kondisi ini menjadi semakin tak aman. Begitu penuturan analis internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Surwandono.

“Ada pihak ketiga atau suatu kelompok yang membuat situasi ini semakin memanas. Menurut saya, kelompok ketiga tersebut bisa jadi militer di Thailand,” ujarnya kepada Waspada Online, malam ini.

Dikatakan Surwandono, kelompok tersebut terus-menerus memonitoring politik yang ada di Thailand dan seakan-akan kelompok “Kaos Merah” yang selama ini mendukung Thaksin yang melakukannya.

Lanjutnya, masih ada dua kelompok lain yang ada saat ini yakni kelompok militer yang tidak produktif dan kelompok politik untuk mengambil situasi konflik ini. Dan kedua kelompok ini seakan berkompetisi untuk mengambil keuntungan dari situasi ini. Kelompok tiga tersebut akan mengambil posisi, bersikap santun dan berusaha memainkan perannya dengan baik untuk mengambil alih situasi politik yang semakin hari semakin memanas.

Editor: FAZARIS TANTI