ABSTRAK

Disusun oleh:
Takdir Ali Mukti dan Surwandono

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan penting yaitu tersusunnya modul peningkatan kapasitas partai politik melalui pembentukan karakter partai politik berbasis partai politik programatik, melalui beberapa aktivitas ; mengidentifikasi peran partai politik dalam mengartikulasikan kepentingan politik publik, mengidentifikasi penilaian public dan konstituen terhadap kinerja partai politik dalam mengartikulasikan kepentingan politik publik, mengidentifikasi karakter partai politik programmatic dalam partai politik, dan mengembangkan modul peningkatan kapasitas partai politik yang berkarakter partai programmatic.
Pengambilan lokasi penelitian di kota Yogyakarta, terkait dengan karakter budaya politik masyarakat kota Yogyakarta sebagai masyarakat yang berbudaya politik partisipan, yang ditandai tingginya partisipasi politik masyarakat Yogyakarta dalam proses politik di Yogyakarta. Untuk mendapatkan obyektivikasi dari penelitian, penelitian ini melakukan strategi pengumupulan data melalui wawancara dan mendalam Focus Group Discussion untuk mengeksplorasi pengalaman yang berstruktur dari stakeholder partai politik maupun pengurus partai politik dalam mengelola organisasi internal partai politik dan mengartikulasikan kepentingan public..
Populasi penelitian ini adalah pengurus partai politik di tingkat Desa (Dewan Pimpinan Ranting) di kota Yogyakarta, dengan mengambil sampel penelitian dengan metode stratified random random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran quisioner, wawancara mendalam dan focus group discussion kepada pengurus partai politik di tingkat desa di kota Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk melihat derajat pengetahuan dan pengalaman pengurus partai politik terhadap partai programmatik. Untuk menyusun modul peningkatan representasi partai politik sebagai partai programmatik akan dilakukan penelitian pustaka dan konsultasi pakar partai politik.

Key Words: Pelembagaan, Partai Programmatik, Peningkatan Kapasitas