Disusun oleh:
Zahrul Anam dan Surwandono

ABSTRAK
Tujuan akhir dari penelitian ini adalah tersusunnya modul peningkatan kapasitas guru agama Islam sebagai agen resolusi konflik berbasis Islam di SMA berbasis Islam se-Kabupaten Bantul, melalui beberapa aktivitas ; mengidentifikasi peran guru agama Islam di SMA berbasis Islam, mengidentifikasi penilaian guru agama Islam sebagai actor resolusi konflik di sekolah, mengidentifikasi nilai dan metode resolusi konflik dalam Islam, dan mengembangkan modul peningkatan kapasitas guru agama Islam sebagai agen resolusi konflik berbasis Islam di SMA berbasis Islam.
Pengambilan lokasi penelitian di Kabupaten Bantul, terkait dengan besarnya beban yang harus ditanggung guru agama Islam di SMA berbasis Islam terkait dengan banyaknya masalah konflik di bidang kesiswaan di SMA berbasis Islam di Bantul. Untuk mendapatkan informasi yang valid, penelitian ini melakukan Focus Group Discussion untuk mengeksplorasi pengalaman yang berstruktur dari para guru agama Islam yang kemudian bisa digali untuk menyelesaikan konflik kesiswaan di sekolah.
Populasi penelitian ini adalah guru agama Islam SMA berbasis Islam se-Kabupaten Bantul, dengan mengambil sampel penelitian dengan metode stratified random random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran quisioner, wawancara mendalam dan focus group discussion kepada guru agama Islam SMA berbasis Islam se-Kabupaten Bantul. Analisis data dilakukan dengan analisis statistika untuk melihat derajat pengetahuan guru agama Islam terhadap konsep dan metode resolusi konflik dalam Islam. Untuk menyusun modul peningkatan kapasitas guru agama Islam sebagai actor resolusi konflik dalam perspektif Islam akan dilakukan penelitian pustaka, baik penelitian Al-Qur’an dan Hadits, untuk mengeksplorasi nilai normatif Islam. Sedangkan untuk mengekplorasi nilai sosiologis dan histroris akan dilakukan penelitian terhadap buku-buku, film sejarah Islam yang ditulis oleh para sejarawan klasik ataupun kontemporer.