ABSTRAK

Surwandono, Ratih Herningtyas

Tujuan akhir penelitian ini adalah tersusunnya modul peningkatan kapasitas birokrasi pemerintah daerah Propinsi DIY dalam mengkapitalisasi bencana alam dengan menggunakan instrument diplomasi bencana alam untuk membangun kerjasama internasional untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana alam. Untuk mencapainya akan dilakukan aktivitas ; mengidentifikasi makna diplomasi bencana alam dalam produk perundangan-undangan, mengidentifikasi persoalan-persoalan yang timbul terkait dengan praktik diplomasi bencana alam, mengidentifikasi issue kebencanaan yang dapat dikapitalisasi untuk membangun kerjasama internasional, mengidentifikasi strategi, model, tehnik dan instrument diplomasi bencana alam dalam membangun kerjasama internasional, menyusun usulan naskah akademik sebagai usulan untuk pembuatan kebijakan strategis dalam penatalaksanaan diplomasi bencana alam di daerah dan mengembangkan modul dan buku peningkatan kapasitas diplomasi bencana alam bagi birokrasi pemerintah daerah Propinsi DIY.
Pengambilan lokasi penelitian di Propinsi DIY, terkait dengan telah ditetapkannya DIY sebagai daerah rawan bencana gempa bumi dan erupsi Merapi. Populasi penelitian adalah birokrasi, baik di level eksekutif maupun legislatif, di pemerintah daerah Propinsi DIY dengan metode sampling stratified random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran quisioner, wawancara mendalam dan focus group discussion kepada aparat birokrasi di pemerintah daerah Propinsi DIY. Analisis data dilakukan dengan analisis statistika untuk melihat derajat pengetahuan birokrasi pemerintah daerah dan kebijakan pemerintah daerah Propinsi DIY dalam melakukan diplomasi bencana alam.
Untuk menyusun modul peningkatan kapasitas birokrasi pemerintah daerah Propinsi DIY dalam melakukan diplomasi bencana alam akan dilakukan penelitian pustaka dan curah gagas dengan ahli dan praktisi diplomasi di beberapa universitas di Indonesia.

Key words: Strategi Diplomasi Bencana Alam, Kerjasama Internasional, Peningkatan Kapasitas