ABSTRAK

Suswanta, Tunjung Sulaksono

Tujuan akhir dari Penelitian ini adalah membuat software tentang penatalaksanaan Early Warning System untuk pengelolaan konflik horisontal pada masyarakat perkoatan di Indonesia (EWS-KH) yang dapat dipergunakan untuk melakukan pencegahan dini konflik horizontal melalui serangkaian aktivitas; Mengidentifikasi factor-faktor utama penyebab konflik horizontal di Indonesia, mengidentifikasi pola-pola eskalasi konflik horizontal di Indonesia, mengidentifikasi factor pemicu terjadinya eskalasi konflik horizontal di Indonesia, merancang simulasi teoretik tentang penyebab, pola eskalasi, dan pemicu terjadinya eskalasi konflik horizontal dalam framework early warning system, merancang software Early Warning System Konflik Horisontal (EWS-KH) yang dapat digunakan untuk mendokumentasi, menganalisis dan merancang kebijakan untuk mengelola konflik horisontal di Indonesia secara efektif dan efisien, mensimulasikan software Early Warning System Konflik Horisontal (EWS-KH) kepada stakeholder konflik horizontal secara terbatas dan mendesiminasikan software Early Warning System Konflik Horisontal (EWS-KH) yang dapat digunakan untuk mendokumentasi, menganalisis dan merancang kebijakan untuk mengelola konflik horisontal di Indonesia secara efektif dan efisien.
Lokasi penelitian ini adalah propinsi yang berada di pulau Jawa. Pengambilan lokasi penelitian di pulau Jawa terkait dengan banyaknya variasi konflik horizontal dari konflik horizontal berbasis ekonomi, social, politik, etnis, dan keagamaan. Untuk memperoleh obyektifikasi, penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif yakni melakukan proses kuantifikasi fenomena social untuk dapat dibangun indeks dalam penyusunan software early warning system konflik horizontal di Indonesia.
Populasi penelitian ini adalah adalah wilayah yang pernah terjadi konflik horizontal di Pulau Jawa, dengan mengambil sampel penelitian melalui metode purposive random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada para pakar konflik horizontal maupun pengumpulan data berupa dokumen dari stakeholder konflik horizontal di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis) terhadap dokumen-dokumen konflik yang dimiliki birokrasi maupun organisasi sipil untuk melihat penyebab, pola eskalasi konflik horizontal di Indonesia.. Untuk mendesiminasikan software EWS-KH secara komprehensif maka akan dilakukan simulasi terbatas dan setelah mendapatkan masukan dari stakeholder konflik horizontal maka akan didesiminasikan ke public.

Key Words: Konflik Horisontal, Masyarakat Perkotaan , Indeks Konflik, Software Konflik Horisontal